top of page
  • Writer's pictureKintani Doctor

Pentingnya Kesehatan Reproduksi

Updated: Dec 26, 2018

Salah satu kebutuhan manusia adalah untuk bereproduksi. Untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut manusia membutuhkan organ reproduksi yang sehat, serta pengetahuan dan keterampilan dalam bereproduksi yang sehat pula.

Organ reproduksi yang sehat tanpa pengetahuan dan keterampilan tentang kesehatan reproduksi suatu saat akan dapat menjadi tidak sehat. Organ reproduksi yang tidak sehat dapat diobati dan diperbaiki dengan pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang baik.

Sepanjang usia:

Kesehatan reproduksi melibatkan rentang usia sejak kanak-kanak, remaja, dewasa hingga manula. Oleh sebab itu pengetahuan kesehatan reproduksi sangat relevan bagi semua golongan.


Satu pertanyaan penting yang dapat membantu seorang wanita reproduksi merencanakan masa depannya adalah ini: Apakah saya berencana untuk hamil tahun depan? Bila jawabannya ya, maka kita harus mulai memikirkan persiapan kehamilan: apakah secara fisik, mental dan sosial saya siap untuk hamil dan melahirkan tahun depan? Bila jawabannya tidak, maka kita perlu mempertimbangkan metode kontrasepsi apa yang sesuai dengan gaya hidup saya?


Dengan satu pertanyaan pada diri sendiri ini banyak hal dapat diperbaiki untuk meraih kesehatan reproduksi yang lebih baik.


23 views0 comments
bottom of page