top of page
  • yogafathori0

Complex Benign Gynecology Conference 2nd (Day 2)

Halo Sobat Kintani! Setelah kita membahas overview dalam bidang infeksi ginekologis dan fokus pada infeksi saluran genital bawah, hari ini kita akan beralih kesaluran genital bagian atas, kita akan mengupas tuntas dari diagnosis hingga tatalaksana baik secara konvensional hingga metode operasi.

Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung acara kami. Mari kita review kembali kegiatan kita pada hari kedua ini yuk!


Sesi 3: Ascending Infection of Genital Tract

Pada sesi ini kita akan belajar mengenai infeksi pada saluran genital bagian atas. Ketika sistem imun pada saluran genital bagian bawah tidak dapat melawan patogen dengan baik, maka patogen dapat bergerak secara ascending ke uterus, salping, dan ovarium. dr. Cepi Teguh Pramayadi SpOG(K) akan mengupas tuntas mengenai endometritis, sedangkan dr. M. Dwi Priangga SpOG akan fokus membahas adnexitis (salpingitis dan oophoritis). Ketika infeksi tersebut tidak tertangani dengan baik, makan dapat bertransformasi menjadi suatu abses tuboovarium (TOA). dr. Riyan Hari Kurniawan SpOG(K) akan membahas tuntas modalitas diagnosis pada TOA.


TIMESTAMP:

- Pembukaan Hari kedua: 1:36

- Endometritis- Clinical Significance and Diagnostic Approach: 11:48

- The Implication Of Adnexitis in Gynecological Practice: 34:45

- The Diagnostic Modalities in Confirming Tubo-Ovarian Abcess: 57:19

- Diskusi: 1:17:16


Sesi 4: Surgical Management

Pada sesi ini kita akan membahas mengenai tatalaksana operatif pada kasus-kasus infeksi ginekologis. Kuliah pertama membahas infeksi yang sering terjadi pada saluran genital bagian bawah yaitu kelenjar Bartholin. Dr. dr. Surahman Hakim SpOG(K), MPH membahas mengenai tatalaksana secara komperhensif, mulai dari manajemen konservatif, hingga teknik-teknik operasi seperti insisi dan drainase, marsupialisasi, dan ekstirpasi. Pada kuliah selanjutnya Dr. dr. Herbert Situmorang SpOG(K) membahas mengenai manajemen dari TOA, khususnya teknik operasinya baik laparatomi maupun laparoscopy. Beliau membahas mulai dari step by step teknik operasinya, hingga tips dan trik pada kasus yang sulit.


TIMESTAMP: Sesi 4

- Various Technique in The Management of Bartholin Abscess: 1:59

- Surgical Management of TOA: 28:24

- Diskusi: 54:12


Sesi 5: Auxillary in Gynecological Infection

Pada sesi terakhir ini, kita akan membahas topik-topik infeksi ginekologis yang belum kita bahas pada sesi sebelumnya. Kuliah pertama dibawakan oleh Dr. dr. Tofan Widya Utami SpOG(K) yang membahas tuntas mengenai topik vaksinasi HPV, mulai dari sejarah vaksin HPV, kondisi program vaksinasi HPV di Indonesia dan dunia, serta tantangan dan perkembangan vaksin HPV pada masa depan. Kuliah kedua dibawakan oleh Dr. dr. Eka Rusdianto Gunardi SpOG(K), MPH yang membahas mengenai Infeksi pada luka operasi. Baik dalam mengenali faktor risiko, pencegahan serta tatalaksana. Kuliah terakhir dibawakan oleh Dr. dr. Suskhan Djusad SpOG(K) yang membahas mengenai kasus yang sering kita temukan yaitu infeksi saluran kemih (ISK). Beliau fokus membahas mengenai rekurensi pada ISK dan bagaimana tatalaksananya.


TIMESTAMP: Sesi 5

- HPV Vaccination: Current Condition and New Development: 2:58

- Surgical Site Infection: Comperhensive Management: 27:14

- The Recurrence of Urinary Tract Infection-How to Manage: 50:35

- Diskusi: 1:09:48


Berakhirlah acara webinar Complex Benign Gynecological Conference 2nd “A Deep Dive into Gynecologic Infection”. Kami mengucapkan terimakasih kepada para sponsor yang telah mendukung acara kami. Kami juga mengucapkan terimakasih kepada para pembicara serta moderator yang telah berkenan memberikan waktu dan ilmunya kepada kita semua dalam dunia infeksi ginekologis. Dan yang terakhir kami ucapkan banyak terimakasih kepada seluruh peserta yang telah hadir dan berdiskusi pada acara kami.


Sampai bertemu sobat kintani pada Concepta 2023 dan CBG 2024!



305 views0 comments

Comments


bottom of page