• Kintani Doctor

Nyeri haid? hati hati endometriosis!

Updated: May 16, 2019

Sejak lama orang menganggap nyeri saat datang bulan adalah hal yang wajar, padahal tidak demikian adanya. Haid yang nyeri dapat menjadi tanda awal hadirnya penyakit yang cukup menyebalkan: Endometriosis!




Apa itu endometriosis?


Darah haid yang mengandung jaringan selaput lendir rahim sebagian besar dikeluarkan melalui vagina. Sebagian kecil ada pula yang mengalir melalui saluran tuba (saluran tempat bertemunya sperma dan sel telur) dan mengalir ke dalam rongga panggul. Umumnya jaringan yang ada pada darah haid yang mengalir ke dalam rongga panggul ini akan diserap sempurna oleh tubuh. Namun demikian pada sekitar 10 persen wanita jaringan ini tidak dapat dibersihkan secara sempurna oleh tubuh, kemudian menempel, tumbuh dan berkembang sama seperti jaringan selaput lendir yang ada di dalam rahim.


Adanya jaringan ini menimbulkan reaksi tubuh alami untuk terus menghilangkannya melalui suatu proses alami untuk melawan benda asing dalam tubuh: peradangan. Sayangnya proses ini tidak berhasil menghilangkan keseluruhan jaringan. Akibatnya peradangan terjadi secara terus menerus dan tidak berkesudahan. Proses peradangan inilah yang memicu timbulnya keluhan nyeri saat haid pada penderita endometriosis.



22 views0 comments

Recent Posts

See All