• Kintani Doctor

Mengapa Laparoskopi?

Halo kawan Kintani,


Kali ini kita akan membahas soal laparoskopi. Mengapa laparoskopi saat ini menjadi pilihan untuk berbagai masalah kesehatan wanita seperti kista, mioma, endometriosis, masalah infertilitas, masalah perlengketan organ reproduksi, dan lain-lain?


OK, jadi singkatnya laparoskopi ini punya keunggulan yang sangattttt banyak dibandingkan metode pembedahan konvensional (open surgery/laparotomy). Sejak dipopulerkan pada akhir tahun 1980-an, laparoskopi kini telah mencapai tingkat kematangannya untuk menjadi pilihan metode operasi organ abdomen / perut.


Sebelum kita membahas berbagai keuntungannya, yuk kita lihat dulu seperti apa tekniknya. Jadi dokter bedah akan menggunakan kemera kecil (diameter kurang dari 1 cm) melalui pusar, dan sistem lensa yang ada akan dapat melihat seluruh organ abdomen dengan sangat jelas. Oiya, tentu saja pasiennya sudah dibius dulu, hehe.


Dokter akan melihat pemandangan abdomen seperti pada video di bawah ini:



Beberapa pasien mengatakan bahwa laparoskopi tidak bisa melihat dengan detil sehingga operasi menjadi tidak "bersih". Ini rumor atau fakta? RUMOR! dari video bisa terlihat organ reproduksi wanita terlihat dengan jelas. Ada rahim dan kedua ovarium, juga organ lain seperti usus, ureter, bahkan ada endometriosis di balik rahim dapat terlihat lebih jelas. Daerah ini sulit dilihat dengan metode konvensional.


Jadi, balik ke laptop, apa sih keunggulan laparoskpi? Keunggulan pertama laparoskopi dibandingkan metode lama adalah: penglihatan yang lebih superior! dengan informasi yang lebih jelas maka dokter bedah dapat memutuskan tindakan yang akan dilakukan dengan lebih baik. Apakah itu penyakit, atau organ normal seperti pembuluh darah, saraf, akan lebih jelas terlihat.

Semua tindakan dapat diselesaikan dengan alat yang dimasukkan melalui lubang kecil 5 mm saja di bagian lain perut, tergantung operasi yang akan dilakukan, bisa 2 atau tiga alat. Setelah selesai, luka yang timbul akan sangat kecil. Ini menjadi keunggulan penting kedua pada laparoskopi. Luka yang terjadi jauh lebih sedikit. Apa dampaknya? Banyak sekali, nyeri setelah operasi lebih ringan, pasien lebih cepat dapat berjalan, akibatnya lama perawatan di rumah sakit lebih singkat, kemungkinan terjadinya infeksi luka operasi lebih kecil, dan kemungkinan infeksi akibat perawatan di RS juga berkurang. Banyak kan?


Itu dia dua keunggulan utama laparoskopi yang terpenting, sehingga saat ini untuk operasi penyakit seperti kista ovarium, mioma uteri, pengangkatan rahim, kehamilan di luar kandungan, pengangkatan saluran tuba, dll hampir seluruhnya dapat dikerjakan dengan teknik ini.


Semoga mekin jelas ya! Salam Sehat!






77 views

© 2020 RSCM Kintani

Jl. Raden Saleh Raya No.49, Cikini, Jakarta Pusat 10330

Tel: (021) 3150076
Whatsapp: 0821 2265 0074

Follow us on:

  • White Instagram Icon
  • White Facebook Icon